Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: SDN 011 Babulu)

  • Eka Suryani STMIK Borneo Internasional
  • Dila Seltika Canta STMIK Borneo Internasional
  • Adi Hermawansyah STMIK Borneo Internasional

Abstract

Pendidikan merupakan langkah awal untuk membentuk watak dalam mewujudkan kecerdasaan bagi siswa. Menjadi siswa berprestasi adalah impian setiap siswa disekolah. Prestasi yang didapat tentu didasarkan dengan suatu kemampuan terhadap pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Kriteria yang ditetapkan dalam penelitian ini ialah nilai akademik, nilai ekstrakulikuler, dan nilai kedisiplinan. Untuk menentukan nilai pada setiap siswanya dilakukan pertimbangan untuk menyeleksi dengan pengambilan keputusan. Metode yang digunakan dalam sistem pengambilan keputusan ini adalah AHP (Analitical Hierarchy Process) untuk membantu pemilihan siswa berprestasi. Metode AHP yaitu suatu metode yang input utamanya adalah persepsi manusia. Oleh karena itu penulis merancang alat bantu sistem pengambilan keputusan dengan menggunakan metode AHP serta melakukan wawancara dan observasi di SDN 011 Babulu. Dengan responden maka didapatkan sebuah hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan sistem yang mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi bagi pengguna dalam membantu memberikan alternatif yang akan dipilih berdasarkan hasil uji coba kepada 29 responden dengan persentase untuk nilai akademik 50% sedangkan nilai ekstrakulikuler dan nilai kedisiplinan masing-masing 25%, alat bantu sistem pengambilan keputusan dengan metode AHP dapat dioperasikan dengan mudah lebih akurat.

Published
2022-12-30
How to Cite
SURYANI, Eka; CANTA, Dila Seltika; HERMAWANSYAH, Adi. Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: SDN 011 Babulu). j-Sim : Jurnal Sistem Informasi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 51-64, dec. 2022. ISSN 2597-3827. Available at: <https://jsim.stmik-borneo.ac.id/index.php/J-SIm/article/view/94>. Date accessed: 24 mar. 2023.